RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMA .......................................
Mata Pelajaran
: Bahasa dan Sastra
Indonesia
Materi Pokok
: Siaran Berita
Kelas/Semester :
X/1
Alokasi Waktu :
2x 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI
·
Mendengarkan
: Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
KOMPETENSI DASAR
·
Menanggapi
siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)
MATERI
PEMBELAJARAN
·
Siaran
(langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/
nonberita
o
Teks
berita
o
pokok-pokok
isi berita
o
unsur-unsur
berita
o
tanggapan
isi berita
INDIKATOR
Menuliskan isi siaran radio/ televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan
yang runtut dan mudah dipahami.
Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas
Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar
(menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik
tertentu dalam beberapa kalimat
dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·
Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah
ditulis secara runtut dan jelas.
·
Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan
informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat).
·
Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan
bahasa yang rasional dan logis.
METODE
PEMBELAJARAN
§ Penugasan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Unjuk kerja
§ Ceramah
§ Demonstrasi
Model
Pembelajaran
DEBATE
Langkah-langkah :
·
Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu
pro dan yg lainnya kontra
·
Guru memberikan tugas untuk membaca materiyang
akan didebatkan oleh kedua kelompok di atas.
·
Setelah selesai membaca materi. Guru menunjuk
salah satu anggotanya kelompok pro untuk berbicara saat itu ditanggapi atau
dibalas oleh kelompok kontra demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa
bisa mengemukakan pendapatnya.
·
Sementara siswa menyampaikan gagasannya guru
menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di papan tulis. Sampai
sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi.
·
Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap.
·
Dari data-data di papan tersebut, guru mengajak
siswa membuat kesimpulan/rangkuman
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal :
§ Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran hari ini.
§ Membentuk kelompok diskusi
Kegiatan Inti :
·
Mendengarkan
beberapa cuplikan berita dari rekaman yang disediakan guru tentang bencana alam
( Misal: semburan lumpur panas Lampindo-Porong-Sidoharjo, pascagempa dan
tsunami Aceh).
·
Menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat yang
runtut dan mudah dipahami pada potongan kertas.
·
Siswa memasangkan potongan berita yang telah
ditulisnya sesuai dengan isinya.
·
Menyampaikan secara lisan isi berita yang
ditulisnya secara bergantian di depan kelas.
·
Siswa menanggapi isi informasi yang ditulis
kelompok lain dan disesuaikan dengan rekaman yang telah disimaknya.
·
Siswa memberi pertanyaan/tanggapan berdasarkan
informasi yang didengarnya (menyetujui, menolak, atau menambahkan pendapat).
·
Siswa diajak membahas hasil kerja dan menyimpulkan
ciri-ciri isi berita dan urutan isi beritanya.
Kegiatan Akhir :
§ Refleksi
§ Guru menyimpulkan
pembelajaran hari ini.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
radio/ tape
televisi
CD salinan berita atau kaset rekaman
PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§ tugas individu
§ ulangan
Bentuk Instrumen:
§ uraian bebas
§ jawaban singkat
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.
Coba jelaskan definis
berita menurut anda !
2.
Jelaskan hal apa saja yang
harus kita perhatikan ketika kita mendengarkan berita !
3.
Bagaimana pendapat anda
tentang bencana Lumpu Lapindo ?
4.
Beri tanggapan terhadap
pernyataan dari Anggota Komisi VII yang membidangi masalah energi dari Fraksi
PAN
Kunci Jawaban
- Berita adalah Data
yang diolah kedalam informasi dari kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian–kejadian dan kesatuan yang
nyata. Atau representasi dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti
manusia (pegawai, mahasiswa, pelanggan), hewan, peristiwa, konsep, keadaan
dll, yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi
atau kombinasinya.
- Hal yang harus diperhatikan ketika kita
mendengarkan sebuah berita
- Kebenaran
berita
- Sumber
Berita
- Kelengkapan
berita
- Unsur-unsur
dalam berita
o Aktualitas
o Kedekatan
o Hal baru
o Dampak
o Konflik
o Ketegangan
o kemanusiawian
- Kebijakan guru.
- Kebijakan guru
RUBLIK PENILAIAN ISI BERITA
Aspek
|
Deskriptor
|
Skor
|
Skor maksimum
|
Kelengkapan isi
|
·
Isi berita lengkap
(terdapat 5 W 1 H)
·
Isi berita mendekati
lengkap (ada atau lebih unsur berita)
·
Isi berita tidak lengkap
(kurang dari 4 unsur berita)
|
2
1
0
|
2
|
Kesesuaian isi
|
·
Semua tulis sesuai
dengan data
·
Sebagian kecil data
tidak sesuai dengan tulisan
·
Sebagian besar data
tidak sesuai dengan tulisan
·
Semua data tidak sesuai
data dengan tulisan
|
3
2
1
0
|
3
|
Sistematika
|
·
Urut-urutan sesuai
·
Urut-urutan tidak sesuai
|
1
0
|
2
|
Penggunaan ejaan dan
tanda baca
|
·
Tidak ada kesalahan
penggunaan ejaan dan tanda baca
·
Terdapat sedikit
kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
·
Sebagian besar penulisan
ejaan Terdapat sedikit kesalahan dan tanda baca
·
Penggunaan ejaan dan
tanda baca salah semua
|
3
2
1
0
|
3
|
·
Jumlah Skor Maksimum
|
|
10
|
Skor
Maksimal:
No. 1) = 2
No. 2) = 3
No. 3) = 2
No. 4) = 3
Jumlah = 10
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0-100 adalah sebagai berikut:
Perolehan Skor
Nilai akhir = -----------------------
x Skor ideal (100) = ….
Skor maksimum (10)
.................................................
2009
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
.......................................... ............................................
NIP................................... NIP.....................................
0 komentar:
Posting Komentar