Kode Kompetensi : Mendengarkan

Aspek
|
Deskriptor
|
Skor
|
Skor maksimum
|
Kelengkapan isi
|
·
Isi berita lengkap
(terdapat 5 W 1 H)
·
Isi berita mendekati
lengkap (ada atau lebih unsur berita)
·
Isi berita tidak lengkap
(kurang dari 4 unsur berita)
|
2
1
0
|
2
|
Kesesuaian isi
|
·
Semua tulis sesuai
dengan data
·
Sebagian kecil data
tidak sesuai dengan tulisan
·
Sebagian besar data
tidak sesuai dengan tulisan
·
Semua data tidak sesuai
data dengan tulisan
|
3
2
1
0
|
3
|
Sistematika
|
·
Urut-urutan sesuai
·
Urut-urutan tidak sesuai
|
1
0
|
2
|
Penggunaan ejaan dan
tanda baca
|
·
Tidak ada kesalahan
penggunaan ejaan dan tanda baca
·
Terdapat sedikit
kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
·
Sebagian besar penulisan
ejaan Terdapat sedikit kesalahan dan tanda baca
·
Penggunaan ejaan dan
tanda baca salah semua
|
3
2
1
0
|
3
|
·
Jumlah Skor Maksimum
|
|
10
|
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar /
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
||
Mendengarkan
1. Memahami siaran atau cerita yang
disampaikan secara langsung /tidak langsung
|
1.1 Menanggapi
siaran atau
informasi dari
media
elektronik
(berita dan
nonberita)
|
“
Menuliskan isi siaran radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan
urutan yang runtut dan mudah dipahami.
“
Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut
dan jelas
“
Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar
(menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
|
||
1.2 Mengidentifika-si unsur
sastra (intrinsik
dan ekstrinsik)
suatu cerita
yang disampaikan
secara
langsung/ melalui
rekaman
|
“
Menyampaikan unsurunsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat,
dll.)
“
Menyampaikan unsur- unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama,
dll.)
“
Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan
ekstrinsik yang disampaikan teman
|
|||
Berbicara
2. Mengungka-pkan pikiran, perasaan, dan
informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita
|
2.1 Memperkenal-kan
diri dan
orang lain di
dalam forum
resmi dengan
intonasi yang
tepat
|
“
Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator dan atau
pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton
“
Menggunakan diksi (pilihan kata) yang tepat
“
Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat
perkenalan oleh teman
“
Memperbaiki pengucapan kalimat
yang kurang pas
|
||
2.2 Mendiskusikan
masalah (yang
ditemukan dari
berbagai berita,
artikel, atau
buku)
|
“
Mencatat masalah dari berbagai sumber
“
Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku
“
Mengajukan saran dan pemecahan masalah terhadap masalah yang
disampaikan
“
Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan membahas maknanya
|
|||
2.3 Menceritakan
berbagai
pengalaman
dengan pilihan
kata dan
ekspresi yang
tepat
|
“
Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu,
menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
“
Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan teman
|
|||
Membaca
3. Memahami berbagai teks bacaan
nonsastra dengan berbagai teknik membaca
|
3.1 Menemukan ide
pokok berbagai
teks nonsastra
dengan teknik
membaca
cepat (250
kata/menit)
|
“
Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit
“
Menemukan ide pokok paragraf dalam teks
“
Membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut
|
||
3.2 Mengidentifika-si ide
pokok
teks nonsastra
dari berbagai
sumber melalui
teknik membaca
ekstensif
|
“
Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf
“
Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat
“
Mengidentifikasi fakta dan pendapat
|
|||
Menulis
4. Mengungkapk-an informasi dalam berbagai bentuk
paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)
|
4.1 Menulis
gagasan
dengan
menggunakan
pola urutan
waktu dan
tempat dalam
bentuk paragraf
naratif
|
“
Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf
naratif
“
Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan
peristiwa
“
Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif
“
Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman berdasarkan kronologi,
waktu, peristiwa, dan EYD
“
Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif
|
||
4.2 Menulis hasil
observasi
dalam bentuk
paragraf
deskriptif
|
“
Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf
deskriptif berdasarkan hasil pengamatan
“
Menyusun kerangka paragraf deskriptif
“
Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf deskriptif
“
Menggunakan frase ajektif dalam paragraf deskriptif
“
Menyunting paragraph deskriptif yang ditulis teman
|
|||
4.3 Menulis
gagasan
secara logis
dan sistematis
dalam bentuk
ragam paragraf
ekspositif
|
“
Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf
ekspositif
“
Menyusun kerangka paragraf ekspositif
“
Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf ekspositif
“
Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraph ekspositif
“
Menyunting paragraph ekspositif yang ditulis teman
|
|||
Mendengarkan
5. Memahami puisi yang disampaikan secara
langsung/ tidak langsung.
|
5.1 Mengidentifik-asi unsur-unsur
bentuk suatu
puisi yang
disampaikan
secara
langsung
ataupun melalui
rekaman
|
“
Mengidentifikasi (majas,rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna
lambang)
“
Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan
|
||
5.2 Mengungkapkan
isi suatu
puisi yang
disampaikan
secara
langsung
ataupun melalui
rekaman
|
“
Menyebutkan tema puisi yang didengar
“
Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada,elegi, roman, ode,
himne,satire, dll.)
“
Menjelaskan maksud puisi
“
Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri
|
|||
Berbicara
6.
Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi.
|
6.1 Mengemukakan
hal-hal
yang menarik
atau
mengesankan
dari cerita
pendek melalui
kegiatan
diskusi
|
“
Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata
sendiri
“
Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan
“
Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut
pandang, latar ,amanat) cerita pendek yang dibaca.
|
||
6.2 Menemukan
nilai-nilai cerita
pendek melalui
kegiatan
diskusi
|
“
Menemukan nilai-nilai dalam cerpen
“
Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan
kehidupan sehari-hari
“
Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen
|
|||
Membaca
7.
Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen.
|
7.1 Membacakan
puisi dengan
lafal, nada,
tekanan, dan
intonasi yang
tepat
|
“
Membaca puisi dengan
“
memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi
“
Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi
“
Memperbaiki pembacaan puisi yang kurang tepat
|
||
7.2 Menganalisis
keterkaitan
unsur intrinsik
suatu cerpen
dengan
kehidupan
sehari-hari
|
“
Mengidentifikasi unsurunsur (tema, penokohan, dan amanat) cerita
pendek yang telah dibaca
“
Mengaitkan unsur intrinsic (tema, penokohan, dan amanat) dengan
kehidupan sehari-hari
|
|||
Menulis
8.
Mengungk-apkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi.
|
8.1 Menulis puisi
lama dengan
memperhatikan
bait, irama, dan
rima
|
“
Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama,
dan rima
“
Membedakan bentuk pantun dan syair
“
Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
“
Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman
|
||
8.2 Menulis puisi
baru dengan
memperhatikan
bait, irama, dan
rima
|
“
Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima
“
Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
“
Menyunting puisi baru yang dibuat teman
|
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel Bahasa Indonesia
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|