Kode Kompetensi : Mendengarkan
SIlabus Bahasa Indonesia Kelas X/1 (Mendengarkan Berita)
Read User's Comments(0)
RPP Bahasa Indonesia Kelas X/1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMA .......................................
Mata Pelajaran
: Bahasa dan Sastra
Indonesia
Materi Pokok
: Siaran Berita
Kelas/Semester :
X/1
Alokasi Waktu :
2x 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI
·
Mendengarkan
: Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
KOMPETENSI DASAR
·
Menanggapi
siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)
MATERI
PEMBELAJARAN
·
Siaran
(langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/
nonberita
o
Teks
berita
o
pokok-pokok
isi berita
o
unsur-unsur
berita
o
tanggapan
isi berita
INDIKATOR
Menuliskan isi siaran radio/ televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan
yang runtut dan mudah dipahami.
Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas
Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar
(menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik
tertentu dalam beberapa kalimat
dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·
Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah
ditulis secara runtut dan jelas.
·
Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan
informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat).
·
Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan
bahasa yang rasional dan logis.
METODE
PEMBELAJARAN
§ Penugasan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Unjuk kerja
§ Ceramah
§ Demonstrasi
Model
Pembelajaran
DEBATE
Langkah-langkah :
·
Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu
pro dan yg lainnya kontra
·
Guru memberikan tugas untuk membaca materiyang
akan didebatkan oleh kedua kelompok di atas.
·
Setelah selesai membaca materi. Guru menunjuk
salah satu anggotanya kelompok pro untuk berbicara saat itu ditanggapi atau
dibalas oleh kelompok kontra demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa
bisa mengemukakan pendapatnya.
·
Sementara siswa menyampaikan gagasannya guru
menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di papan tulis. Sampai
sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi.
·
Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap.
·
Dari data-data di papan tersebut, guru mengajak
siswa membuat kesimpulan/rangkuman
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal :
§ Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran hari ini.
§ Membentuk kelompok diskusi
Kegiatan Inti :
·
Mendengarkan
beberapa cuplikan berita dari rekaman yang disediakan guru tentang bencana alam
( Misal: semburan lumpur panas Lampindo-Porong-Sidoharjo, pascagempa dan
tsunami Aceh).
·
Menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat yang
runtut dan mudah dipahami pada potongan kertas.
·
Siswa memasangkan potongan berita yang telah
ditulisnya sesuai dengan isinya.
·
Menyampaikan secara lisan isi berita yang
ditulisnya secara bergantian di depan kelas.
·
Siswa menanggapi isi informasi yang ditulis
kelompok lain dan disesuaikan dengan rekaman yang telah disimaknya.
·
Siswa memberi pertanyaan/tanggapan berdasarkan
informasi yang didengarnya (menyetujui, menolak, atau menambahkan pendapat).
·
Siswa diajak membahas hasil kerja dan menyimpulkan
ciri-ciri isi berita dan urutan isi beritanya.
Kegiatan Akhir :
§ Refleksi
§ Guru menyimpulkan
pembelajaran hari ini.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
radio/ tape
televisi
CD salinan berita atau kaset rekaman
PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§ tugas individu
§ ulangan
Bentuk Instrumen:
§ uraian bebas
§ jawaban singkat
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.
Coba jelaskan definis
berita menurut anda !
2.
Jelaskan hal apa saja yang
harus kita perhatikan ketika kita mendengarkan berita !
3.
Bagaimana pendapat anda
tentang bencana Lumpu Lapindo ?
4.
Beri tanggapan terhadap
pernyataan dari Anggota Komisi VII yang membidangi masalah energi dari Fraksi
PAN
Kunci Jawaban
- Berita adalah Data
yang diolah kedalam informasi dari kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian–kejadian dan kesatuan yang
nyata. Atau representasi dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti
manusia (pegawai, mahasiswa, pelanggan), hewan, peristiwa, konsep, keadaan
dll, yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi
atau kombinasinya.
- Hal yang harus diperhatikan ketika kita
mendengarkan sebuah berita
- Kebenaran
berita
- Sumber
Berita
- Kelengkapan
berita
- Unsur-unsur
dalam berita
o Aktualitas
o Kedekatan
o Hal baru
o Dampak
o Konflik
o Ketegangan
o kemanusiawian
- Kebijakan guru.
- Kebijakan guru
RUBLIK PENILAIAN ISI BERITA
Aspek
|
Deskriptor
|
Skor
|
Skor maksimum
|
Kelengkapan isi
|
·
Isi berita lengkap
(terdapat 5 W 1 H)
·
Isi berita mendekati
lengkap (ada atau lebih unsur berita)
·
Isi berita tidak lengkap
(kurang dari 4 unsur berita)
|
2
1
0
|
2
|
Kesesuaian isi
|
·
Semua tulis sesuai
dengan data
·
Sebagian kecil data
tidak sesuai dengan tulisan
·
Sebagian besar data
tidak sesuai dengan tulisan
·
Semua data tidak sesuai
data dengan tulisan
|
3
2
1
0
|
3
|
Sistematika
|
·
Urut-urutan sesuai
·
Urut-urutan tidak sesuai
|
1
0
|
2
|
Penggunaan ejaan dan
tanda baca
|
·
Tidak ada kesalahan
penggunaan ejaan dan tanda baca
·
Terdapat sedikit
kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
·
Sebagian besar penulisan
ejaan Terdapat sedikit kesalahan dan tanda baca
·
Penggunaan ejaan dan
tanda baca salah semua
|
3
2
1
0
|
3
|
·
Jumlah Skor Maksimum
|
|
10
|
Skor
Maksimal:
No. 1) = 2
No. 2) = 3
No. 3) = 2
No. 4) = 3
Jumlah = 10
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0-100 adalah sebagai berikut:
Perolehan Skor
Nilai akhir = -----------------------
x Skor ideal (100) = ….
Skor maksimum (10)
.................................................
2009
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
.......................................... ............................................
NIP................................... NIP.....................................
Program Tahunan Bahasa Indonesia (Kelas X Semester 1)
20.22 |
Label:
Bahan Ajar,
Program Tahunan,
Program Tahunan Bahasa Indonesia,
Program Tahunan Bahasa Indonesia (Kelas X Semester 1)
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan :
................................
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester :
X/1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar /
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
||
Mendengarkan
1. Memahami siaran atau cerita yang
disampaikan secara langsung /tidak langsung
|
1.1 Menanggapi
siaran atau
informasi dari
media
elektronik
(berita dan
nonberita)
|
Menuliskan isi siaran radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan
urutan yang runtut dan mudah dipahami.
Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut
dan jelas
Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar
(menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
|
||
1.2 Mengidentifika-si unsur
sastra (intrinsik
dan ekstrinsik)
suatu cerita
yang disampaikan
secara
langsung/ melalui
rekaman
|
Menyampaikan unsurunsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat,
dll.)
Menyampaikan unsur- unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama,
dll.)
Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan
ekstrinsik yang disampaikan teman
|
|||
Berbicara
2. Mengungka-pkan pikiran, perasaan, dan
informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita
|
2.1 Memperkenal-kan
diri dan
orang lain di
dalam forum
resmi dengan
intonasi yang
tepat
|
Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator dan atau
pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton
Menggunakan diksi (pilihan kata) yang tepat
Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat
perkenalan oleh teman
Memperbaiki pengucapan kalimat
yang kurang pas
|
||
2.2 Mendiskusikan
masalah (yang
ditemukan dari
berbagai berita,
artikel, atau
buku)
|
Mencatat masalah dari berbagai sumber
Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku
Mengajukan saran dan pemecahan masalah terhadap masalah yang
disampaikan
Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan membahas maknanya
|
|||
2.3 Menceritakan
berbagai
pengalaman
dengan pilihan
kata dan
ekspresi yang
tepat
|
Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu,
menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan teman
|
|||
Membaca
3. Memahami berbagai teks bacaan
nonsastra dengan berbagai teknik membaca
|
3.1 Menemukan ide
pokok berbagai
teks nonsastra
dengan teknik
membaca
cepat (250
kata/menit)
|
Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit
Menemukan ide pokok paragraf dalam teks
Membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut
|
||
3.2 Mengidentifika-si ide
pokok
teks nonsastra
dari berbagai
sumber melalui
teknik membaca
ekstensif
|
Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf
Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat
Mengidentifikasi fakta dan pendapat
|
|||
Menulis
4. Mengungkapk-an informasi dalam berbagai bentuk
paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)
|
4.1 Menulis
gagasan
dengan
menggunakan
pola urutan
waktu dan
tempat dalam
bentuk paragraf
naratif
|
Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf
naratif
Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan
peristiwa
Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif
Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman berdasarkan kronologi,
waktu, peristiwa, dan EYD
Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif
|
||
4.2 Menulis hasil
observasi
dalam bentuk
paragraf
deskriptif
|
Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf
deskriptif berdasarkan hasil pengamatan
Menyusun kerangka paragraf deskriptif
Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf deskriptif
Menggunakan frase ajektif dalam paragraf deskriptif
Menyunting paragraph deskriptif yang ditulis teman
|
|||
4.3 Menulis
gagasan
secara logis
dan sistematis
dalam bentuk
ragam paragraf
ekspositif
|
Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf
ekspositif
Menyusun kerangka paragraf ekspositif
Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf ekspositif
Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraph ekspositif
Menyunting paragraph ekspositif yang ditulis teman
|
|||
Mendengarkan
5. Memahami puisi yang disampaikan secara
langsung/ tidak langsung.
|
5.1 Mengidentifik-asi unsur-unsur
bentuk suatu
puisi yang
disampaikan
secara
langsung
ataupun melalui
rekaman
|
Mengidentifikasi (majas,rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna
lambang)
Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan
|
||
5.2 Mengungkapkan
isi suatu
puisi yang
disampaikan
secara
langsung
ataupun melalui
rekaman
|
Menyebutkan tema puisi yang didengar
Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada,elegi, roman, ode,
himne,satire, dll.)
Menjelaskan maksud puisi
Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri
|
|||
Berbicara
6.
Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi.
|
6.1 Mengemukakan
hal-hal
yang menarik
atau
mengesankan
dari cerita
pendek melalui
kegiatan
diskusi
|
Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata
sendiri
Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan
Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut
pandang, latar ,amanat) cerita pendek yang dibaca.
|
||
6.2 Menemukan
nilai-nilai cerita
pendek melalui
kegiatan
diskusi
|
Menemukan nilai-nilai dalam cerpen
Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan
kehidupan sehari-hari
Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen
|
|||
Membaca
7.
Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen.
|
7.1 Membacakan
puisi dengan
lafal, nada,
tekanan, dan
intonasi yang
tepat
|
Membaca puisi dengan
memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi
Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi
Memperbaiki pembacaan puisi yang kurang tepat
|
||
7.2 Menganalisis
keterkaitan
unsur intrinsik
suatu cerpen
dengan
kehidupan
sehari-hari
|
Mengidentifikasi unsurunsur (tema, penokohan, dan amanat) cerita
pendek yang telah dibaca
Mengaitkan unsur intrinsic (tema, penokohan, dan amanat) dengan
kehidupan sehari-hari
|
|||
Menulis
8.
Mengungk-apkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi.
|
8.1 Menulis puisi
lama dengan
memperhatikan
bait, irama, dan
rima
|
Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama,
dan rima
Membedakan bentuk pantun dan syair
Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman
|
||
8.2 Menulis puisi
baru dengan
memperhatikan
bait, irama, dan
rima
|
Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima
Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
Menyunting puisi baru yang dibuat teman
|
Mengetahui,
Kepala SMA
……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel Bahasa Indonesia
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
Langganan:
Postingan (Atom)