DAFTAR ISI

SIlabus Bahasa Indonesia Kelas X/1 (Mendengarkan Berita)

Kode Kompetensi : Mendengarkan


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

RPP Bahasa Indonesia Kelas X/1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           : SMA .......................................
Mata Pelajaran          : Bahasa dan Sastra Indonesia
Materi Pokok             : Siaran Berita
Kelas/Semester          : X/1
Alokasi Waktu           : 2x 40 Menit

STANDAR KOMPETENSI
·   Mendengarkan : Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

KOMPETENSI DASAR
·   Menanggapi siaran atau informasi dari  media  elektronik (berita dan nonberita) 

MATERI PEMBELAJARAN
·   Siaran (langsung)  dari radio/ televisi,  teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
o   Teks berita
o   pokok-pokok isi berita
o   unsur-unsur berita
o   tanggapan isi berita

INDIKATOR
Menuliskan isi siaran radio/ televisi da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis  secara runtut dan jelas
Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)

TUJUAN PEMBELAJARAN
·         Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu da­lam beberapa kalimat       dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·         Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.
·         Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat).
·         Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis.

METODE PEMBELAJARAN
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Unjuk kerja
§  Ceramah
§  Demonstrasi
Model Pembelajaran
  DEBATE
            Langkah-langkah :
·         Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan yg lainnya kontra
·         Guru memberikan tugas untuk membaca materiyang akan didebatkan oleh kedua kelompok di atas.
·         Setelah selesai membaca materi. Guru menunjuk salah satu anggotanya kelompok pro untuk berbicara saat itu ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
·         Sementara siswa menyampaikan gagasannya guru menulis  inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di papan tulis. Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi.
·         Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap.
·         Dari data-data di papan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal   :
§  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.
§  Membentuk kelompok diskusi

Kegiatan Inti      :
·         Mendengarkan beberapa cuplikan berita dari rekaman yang disediakan guru tentang bencana alam ( Misal: semburan lumpur panas Lampindo-Porong-Sidoharjo, pascagempa dan tsunami Aceh).
·         Menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat yang runtut dan mudah dipahami pada potongan kertas.
·         Siswa memasangkan potongan berita yang telah ditulisnya sesuai dengan isinya.
·         Menyampaikan secara lisan isi berita yang ditulisnya secara bergantian di depan kelas.
·         Siswa menanggapi isi informasi yang ditulis kelompok lain dan disesuaikan dengan rekaman yang telah disimaknya.
·         Siswa memberi pertanyaan/tanggapan berdasarkan informasi yang didengarnya (menyetujui, menolak, atau menambahkan pendapat).
·         Siswa diajak membahas hasil kerja dan menyimpulkan ciri-ciri isi berita dan urutan isi beritanya.
Kegiatan Akhir   :
§  Refleksi
§  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
radio/ tape
televisi
CD salinan berita atau kaset rekaman

PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§ tugas individu
§ ulangan

Bentuk Instrumen:
§ uraian bebas
§ jawaban singkat

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.            Coba jelaskan definis berita menurut anda !
2.            Jelaskan hal apa saja yang harus kita perhatikan ketika kita mendengarkan berita !
3.            Bagaimana pendapat anda tentang bencana Lumpu Lapindo ?
4.            Beri tanggapan terhadap pernyataan dari Anggota Komisi VII yang membidangi masalah energi dari Fraksi PAN

Kunci Jawaban
  1. Berita adalah Data yang diolah kedalam informasi dari kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian–kejadian dan kesatuan yang nyata. Atau representasi dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, mahasiswa, pelanggan), hewan, peristiwa, konsep, keadaan dll, yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya.
  2. Hal yang  harus diperhatikan ketika kita mendengarkan sebuah berita
    • Kebenaran berita
    • Sumber Berita
    • Kelengkapan berita
    • Unsur-unsur dalam berita
o   Aktualitas
o   Kedekatan
o   Hal baru
o   Dampak
o   Konflik
o   Ketegangan
o   kemanusiawian
  1. Kebijakan guru.
  2. Kebijakan guru           
       
RUBLIK PENILAIAN ISI BERITA
Aspek
Deskriptor
Skor
Skor maksimum
Kelengkapan isi
·         Isi berita lengkap (terdapat 5 W 1 H)
·         Isi berita mendekati lengkap (ada atau lebih unsur berita)
·         Isi berita tidak lengkap (kurang dari 4 unsur berita)
2

1

0


2
Kesesuaian isi
·         Semua tulis sesuai dengan data
·         Sebagian kecil data tidak sesuai dengan tulisan
·         Sebagian besar data tidak sesuai dengan tulisan
·         Semua data tidak sesuai data dengan tulisan
3

2

1

0



3



Sistematika
·         Urut-urutan sesuai
·         Urut-urutan tidak sesuai
1
0
2
Penggunaan ejaan dan tanda baca
·         Tidak ada kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
·         Terdapat sedikit kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
·         Sebagian besar penulisan ejaan Terdapat sedikit kesalahan dan tanda baca
·         Penggunaan ejaan dan tanda baca salah semua

3

2


1

0



3
·         Jumlah Skor Maksimum

10

 

Skor Maksimal:

No. 1)  = 2
No. 2)  = 3
No. 3)  = 2
No. 4) = 3
Jumlah = 10
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0-100 adalah sebagai berikut:

Perolehan Skor
Nilai akhir = -----------------------    x   Skor ideal (100) = ….
Skor maksimum (10)


................................................. 2009
 Mengetahui
Kepala Sekolah                                               Guru Bidang Studi




..........................................                              ............................................
NIP...................................                              NIP.....................................

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Program Semester (Bahasa Indonesia Kelas X Semester 1)

Kode Kompetensi : Mendengarkan


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Program Tahunan Bahasa Indonesia (Kelas X Semester 1)


PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
BAHASA INDONESIA


Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester            : X/1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar / Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi
Waktu
Ket
Mendengarkan
1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
1.1 Menanggapi
siaran atau
informasi dari
media
elektronik
(berita dan
nonberita)
  Menuliskan isi siaran radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
  Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas
  Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)


1.2 Mengidentifika-si unsur
sastra (intrinsik
dan ekstrinsik)
suatu cerita
yang disampaikan
secara
langsung/ melalui
rekaman
  Menyampaikan unsurunsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.)
  Menyampaikan unsur- unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.)
  Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman


Berbicara
2. Mengungka-pkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita

2.1 Memperkenal-kan
diri dan
orang lain di
dalam forum
resmi dengan
intonasi yang
tepat
  Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator dan atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton
  Menggunakan diksi (pilihan kata) yang tepat
  Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman
  Memperbaiki  pengucapan kalimat yang kurang pas



2.2 Mendiskusikan
masalah (yang
ditemukan dari
berbagai berita,
artikel, atau
buku)
  Mencatat masalah dari berbagai sumber
  Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku
  Mengajukan saran dan pemecahan masalah terhadap masalah yang disampaikan
  Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan membahas maknanya



2.3 Menceritakan
berbagai
pengalaman
dengan pilihan
kata dan
ekspresi yang
tepat
  Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
  Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan teman


Membaca
3. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca

3.1 Menemukan ide
pokok berbagai
teks nonsastra
dengan teknik
membaca
cepat (250
kata/menit)
  Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit
  Menemukan ide pokok paragraf dalam teks
  Membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut



3.2 Mengidentifika-si ide pokok
teks nonsastra
dari berbagai
sumber melalui
teknik membaca
ekstensif
  Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf
  Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat
  Mengidentifikasi fakta dan pendapat


Menulis
4. Mengungkapk-an informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)
4.1 Menulis
gagasan
dengan
menggunakan
pola urutan
waktu dan
tempat dalam
bentuk paragraf
naratif
  Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif
  Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa
  Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif
  Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD
  Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif



4.2 Menulis hasil
observasi
dalam bentuk
paragraf
deskriptif
  Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan
  Menyusun kerangka paragraf deskriptif
  Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf deskriptif
  Menggunakan frase ajektif dalam paragraf deskriptif
  Menyunting paragraph deskriptif yang ditulis teman




4.3 Menulis
gagasan
secara logis
dan sistematis
dalam bentuk
ragam paragraf
ekspositif
  Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf ekspositif
  Menyusun kerangka paragraf ekspositif
  Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf ekspositif
  Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraph ekspositif
  Menyunting paragraph ekspositif yang ditulis teman



Mendengarkan
5. Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung.

5.1 Mengidentifik-asi unsur-unsur
bentuk suatu
puisi yang
disampaikan
secara
langsung
ataupun melalui
rekaman
  Mengidentifikasi (majas,rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang)
  Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan



5.2 Mengungkapkan
isi suatu
puisi yang
disampaikan
secara
langsung
ataupun melalui
rekaman
  Menyebutkan tema puisi yang didengar
  Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada,elegi, roman, ode, himne,satire, dll.)
  Menjelaskan maksud puisi
  Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri


Berbicara
6. Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi.

6.1 Mengemukakan
hal-hal
yang menarik
atau
mengesankan
dari cerita
pendek melalui
kegiatan
diskusi
  Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri
  Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan
  Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar ,amanat) cerita pendek yang dibaca.



6.2 Menemukan
nilai-nilai cerita
pendek melalui
kegiatan
diskusi
  Menemukan nilai-nilai dalam cerpen
  Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari
  Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen


Membaca
7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen.

7.1 Membacakan
puisi dengan
lafal, nada,
tekanan, dan
intonasi yang
tepat
  Membaca puisi dengan
  memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang  sesuai dengan isi puisi
  Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi
  Memperbaiki pembacaan puisi yang kurang tepat



7.2 Menganalisis
keterkaitan
unsur intrinsik
suatu cerpen
dengan
kehidupan
sehari-hari
  Mengidentifikasi unsurunsur (tema, penokohan, dan amanat) cerita pendek yang telah dibaca
  Mengaitkan unsur intrinsic (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari


Menulis
8. Mengungk-apkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi.

8.1 Menulis puisi
lama dengan
memperhatikan
bait, irama, dan
rima
  Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima
  Membedakan bentuk pantun dan syair
  Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
  Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman



8.2 Menulis puisi
baru dengan
memperhatikan
bait, irama, dan
rima
  Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima
  Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
  Menyunting puisi baru yang dibuat teman





Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Bahasa Indonesia



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS