MEMPERKENALKAN DIRI DAN ORANG
LAIN DI DALAM FORUM RESMI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
(RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 3 Surakarta
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/semester : X / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 5 X 45 menit ( 3 x pertemuan)
Standar Kompetensi : 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita
Kompetensi Dasar : 2.1 Memperkenalkan diri dan orang
lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat
A.
Indikator :
1. Mengidentifikasi unsur-unsur perkenalan
2. Memahami teknik berkenalan di forum resmi
3. Memperkenalkan diri dan orang lain di forum resmi
4. Memperbaiki kalimat perkenalan yang disampaikan teman
B.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Kognitif
a. Peserta didik mampu mengidentifikasi unsur-unsur
perkenalan dengan teliti.
b. Dengan rasa ingin
tahu peserta didik memahami teknik berkenalan di forum resmi
c. Peserta didik menunjukkan kesalahan kalimat perkenalan
yang disampaikan teman dengan jujur
dan memperbaikinya.
.
2.
Psikomotorik
Peserta didik mampu memperkenalkan diri dan orang lain di
forum resmi dengan penuh tanggung jawab
dan percaya diri.
3.
Afektif
a. Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada peserta
didik, peserta didik dinilai dalam hal membuat
kemajuan yang menunjukkan sikap jujur, teliti,
tanggung jawab, tepat waktu, inisiatif.
b. Keterampilan
sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar
berpusat pada peserta didik, peserta didik dinilai dalam hal membuat kemajuan yang menunjukkan keterampilan
sosial komunikasi,
menghargai pendapat, tidak mencela, bekerja sama
C.
Materi (terlampir)
Unsur-unsur perkenalan
Teknik berkenalan di
forum resmi.
D.
Model dan Metode
Pembelajaran
Model : Contekstual
Teaching and Learning
Metode : tanya jawab, inkuiri, diskusi,
pemodelan,penugasan
E.
Langkah
– Langkah Kegiatan
Pertemuan pertama (2 X 45 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi:
1)
Guru membuka
pelajaran, mengabsen peserta didik, dan menyampaikan kegiatan yang akan
dilakukan.
2) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar
yang akan dicapai.
3) Guru menyampaikan cakupan materi yang akan dipelajari.(empati)
b. Motivasi :
Guru menjelaskan tentang manfaat dan pentingnya mempelajari materi ini.
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
:
1) Guru memberi contoh atau memutar video tentang memperkenalkan
diri.
2) Peserta didik memperhatikan dengan saksama.
b. Elaborasi :
Setelah melihat dan mendengarkan contoh memperkenalkan diri,
1)
Peserta didik berpasangan
dengan teman semeja.
2) Peserta didik mendiskusikan unsur-unsur dalam suatu
perkenalan.
3) Peserta didik mendiskusikan teknik-teknik dalam
memperkenalkan diri/orang lain di forum resmi.
4) Guru menunjuk peserta didik secara acak untuk
menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.
5) Peserta didik lain memperhatikan kemudian memberikan
masukan/tanggapan.
c. Konfirmasi
:
1) Guru
memberi penilaian positif terhadap aktifitas peserta didik.
2) Guru
memotivasi peserta didik untuk mempelajari cara memperkenalkan
diri atau orang lain di forum resmi.
|
70 menit
|
Penutup
a. Guru dengan peserta didik bersama-sama menyimpulkan
pembelajaran yang telah dilakukan.
b. Refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.
c. Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan kedua (1 X 45 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a. Apersepsi:
1) Guru membuka pelajaran, mengabsen peserta didik, dan
menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan.
2) Guru menyampaikan cakupan materi yang akan dipelajari.(empati)
b. Motivasi :
Guru menjelaskan tentang manfaat dan pentingnya mempelajari materi ini.
|
5 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
:
Guru bertanya jawab dengan peserta didik tentang materi
yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
b. Elaborasi :
1)
Peserta didik
berpasangan dengan teman semeja.
2)
Peserta didik
mendata biodata teman semeja
3) Peserta didik berperan sebagai moderator dalam suatu
seminar, teman semeja sebagai penyaji materi.
4) Peserta didik menulis kalimat perkenalan untuk
memperkenalkan dirinya sebagai moderator dan temannya sebagai penyaji materi.
5) Konfirmasi
:
1) Guru
memberi penilaian positif terhadap aktifitas peserta didik.
2) Guru
memotivasi peserta didik untuk dapat memperkenalkan
diri atau orang lain secara lisan.
|
35 menit
|
Penutup :
a. Guru dengan peserta didik bersama-sama menyimpulkan
pembelajaran yang telah dilakukan.
b. Refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.
c. Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya.
|
5 menit
|
|
Pertemuan ketiga (2 X 45 menit)
|
||
Kegiatan
|
||
1.
|
Pendahuluan :
a. Apersepsi:
Guru membuka pelajaran, mengabsen peserta didik, dan
menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan.
b. Motivasi :
Guru menjelaskan tentang manfaat dan pentingnya
mempelajari materi ini.
|
5 menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
a. Eksplorasi :
Guru mengingatkan kembali hal-hal yang harus
diperhatikan dalam memperkenalkan diri atau orang lain di forum resmi.
b. Elaborasi :
1)
Peserta didik
berpasangan dengan teman semeja.
2) Peserta didik secara bergantian berperan sebagai
moderator dalam suatu seminar, teman semeja sebagai penyaji
3) Peserta didik menyampaikan kalimat perkenalan yang
dibuat sebelumnya.
4)
Teman-teman
yang lain memberikan tanggapan.
5)
Guru memberikan
penilaian.
c. Konfirmasi :
1) Guru memberi penilaian positif terhadap aktifitas peserta
didik.
2) Guru memotivasi peserta didik untuk mempelajari cara memperkenalkan
diri/orang lain dengan teknik yang tepat.
|
80 menit
|
3.
|
Penutup :
a. Guru dengan peserta didik bersama-sama menyimpulkan
pembelajaran yang telah dilakukan.
b. Refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.
c. Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya.
|
5 menit
|
F.
Sumber
Belajar dan Alat
Sumber :
1.
Mandiri Bahasa
Indonesia Kelas X Karangan Sobandi, Penerbit Erlangga.
2.
Modul Bahasa Indonesia Kelas X Semester 1 disusun Sri Maryamti, Penerbit
CV, William, Kartasura.
3.
Cerdas Berbahasa indonesia Kelas X, disusun Engkos Kosasih, penerbit
Erlangga.
Alat :
1.
Contoh paragraf
eksposisi
2.
Laptop
3.
LCD
G.
Penilaian
1.
Prosedur Penilaian :
a.
Tugas Terstruktur
Peserta didik memperkenalkan diri/orang lain dalam forum resmi
b. Tugas
Mandiri Tidak Terstruktur.
Peserta didik memberikan penilaian dan tanggapan ketika teman yang lain
sedang memperkenalkan diri.
2.
Teknik Penilaian : Tes tertulis dan unjuk kerja
3.
Instrumen Penilaian :
a.
Kognitif
1) Sebutkan unsur-unsur dalam perkenalan dalam kalimat perkenalan berikut!
Perkenalkan,
nama saya Mery. Saya peserta didik kelas X SMAN 3 Solo. Saya mengikuti
kegiatan ekstrakurikuler teater dan pramuka. Saya pun aktif di OSIS sebagai
humas. Dalam diskusi kali ini saya berperan sebagai moderator.
2) Bagaimanakah teknik memperkenalkan diri di forum resmi?
3)
Berikan
tanda jeda yang tepat pada kalimat perkenalan berikut ini :
Saat ini telah hadir di tengah-tengah kita dua orang
pembicara yang akan menyajikan makalah mereka.
4)
Jelaskan
ketidakefektifan kalimat perkenalan berikut!
Para hadirin sekalian, untuk memanfaatkan waktu, marilah
seminar ini kita mulai....
b.
Psikomotorik
Kamu berperan sebagai moderator dalam seminar. Perkenalkan dirimu dan
narasumber dalam seminar tersebut. Hal-hal lain tentang narasumber kamu
tentukan sendiri!
c.
Afektif
Penilaian terhadap ketekunan, kejujuran, kerajinan, kedisiplinan, tanggung jawab, dan kerja sama peserta didik saat
mengikuti pelajaran dan melaksanakan tugas.
Skor penilaian
a.
Kognitif
No
|
Butir Soal
|
Skor maksimal
|
Kriteria penilaian
|
1.
|
Sebutkan unsur-unsur dalam
perkenalan dalam kalimat perkenalan berikut!
|
5
|
Skor 1 jika jawaban salah.
Skor 2 jika jawaban agak benar.
Skor 3 jika jawaban mendekati benar
Skor 5 jika jawaban benar
|
2.
|
Bagaimanakah
teknik memperkenal kan diri di forum resmi?
|
5
|
|
3.
|
Berikan
tanda jeda yang tepat pada kalimat perkenalan berikut ini :
Saat ini telah
hadir di tengah-tengah kita dua orang pembicara yang akan menyajikan
makalah mereka
|
5
|
|
4.
|
Jelaskan
ketidakefektifan kalimat perkenalan berikut!
Para hadirin
sekalian, untuk memanfaatkan waktu, marilah seminar ini kita mulai....
|
5
|
|
Jumlah
|
20
|
b.
Psikomotorik
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor maksimal
|
Kriteria penilaian
|
|
1.
|
Lafal
|
5
|
1 : tidak baik
2 : kurang baik
3 : cukup
4 : baik
5 : sangat baik
|
|
2.
|
Tekanan/ Intonasi
|
5
|
||
3.
|
Jeda
|
5
|
||
4.
|
Bahasa
|
5
|
||
5
|
Penampilan
|
5
|
||
Jumlah
|
25
|
|||
Pedoman penilaian
:
Nilai akhir : Skor yang diperoleh X 100
Skor
maksimal
c.
Afektif
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor maksimal
|
Kriteria penilaian
|
|
1.
|
Keaktifan
|
5
|
1 : tidak baik
2 : kurang baik
3 : cukup
4 : baik
5 : sangat baik
|
|
2.
|
Kerajinan
|
5
|
||
3.
|
Kedisiplinan
|
5
|
||
4.
|
Tanggung jawab
|
5
|
||
Jumlah
|
25
|
|||
Pedoman penilaian :
A, apabila skor mencapai antara 80-100
B, apabila skor mencapai antara 60-79
C, apabila sor mencapai antara 41-59
Mengetahui Surakarta, 26 Juni 2012
Kepala Sekolah Guru Bahasa Indonesia
Drs. Makmur Sugeng, M.Pd. Sri Maryamti, S.Pd.
NIP 19600410 1986 1 012 NIP 19721009 200501 2 006
0 komentar:
Posting Komentar